Portal Gaya Hidup Kaum Urban
Art is not a luxury, but a necessity.

Inilah Cara Tepat untuk Budidaya Tanaman Hidroponik dengan Teknik NFT

0 39

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya semakin lama lahan pertanian jadi semakin minim, hal ini disebabkan karena banyaknya terjadi pembangunan, dimana angka kelahiran yang tak sebanding dengan kematian membuat angka pertumbuhan penduduk jadi semakin tinggi, berakibat kepada ukuran wilayah pertanian jadi semakin kecil dijadikan sebagai kawasan hunian, sehingga sebisa mungkin banyak yang mencoba berbagai macam inovasi terbaru untuk tetap menanam tanaman namun tidak memakan terlalu banyak lahan, salah satu diantaranya adalah mengandalkan metode hidroponik. Tanaman hidroponik ini belakangan memang cukup digemari oleh masyarakat.

Pastinya banyak juga yang sudah tidak begitu asing dengan istilah ini, seperti namanya yang berasal dari kata hidro yang artinya air, maka media yang digunakan untuk menunjang perkembangan dan juga pertumbuhan tanaman ini tidak berasal dari tanah, melainkan diganti dengan air. Lalu apakah semua jenis tanaman bisa dengan mudah hidup dan berkembang biak di media air tersebut? Pastinya tidak, hanya beberapa jenis tumbuhan saja yang dapat ditanam lewat metode ini.

Di pasaran sendiri umumnya masyarakat juga bisa secara mudah merasakan atau membeli tanaman hidroponik ini, dalam bentuk sayur maupun buah-buahan, umumnya memiliki tampilan yang lebih segar dan juga ukuran besar. Lalu apakah mungkin untuk membuat lahan usaha dari tipe pertanian semacam ini? Tentunya bukan hal yang mustahil untuk Anda lakukan, tetap bisa melakukannya secara mudah memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah. Bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencoba untuk membudidayakan beberapa jenis sayur atau buah.

Salah satu diantaranya yang paling banyak dikembangkan lewat media ini adalah sawi dan juga cabai. Anda agaknya bisa mencobanya sendiri, berikut ini cara menanam hidroponik menggunakan teknik Nutrient Film, yaitu:

Inilah Cara Tepat untuk Budidaya Tanaman Hidroponik dengan Teknik NFT

  1. Manfaatkan pipa talang dan juga pompa, nantinya bahan yang satu inilah yang akan dimanfaatkan sebagai media untuk menampung air dan juga tempat tumbuh tanaman tersebut, lubangi sesuai dengan panjang dan juga jarak yang diinginkan, umumnya berbeda jenis tumbuhan yang akan ditanam maka akan berbeda pula ukuran yang digunakan.
  2. Susunlah pipa talang tersebut sebagai media yang nantinya dipersiapkan untuk menanam, setelah selesai melubangi atau memotong-motongnya, maka potongan pipa bisa langsung disusun pada media yang sudah dibuat tersebut. Siapkan penampungan pada ujung pipa yang ukurannya lebih rendah dibandingkan dengan yang lain.
  3. Pasang pompa, pompa ini nantinya akan digunakan untuk mengaliri air yang penuh dengan nutrisi ke tanaman. Patut untuk diketahui hendaknya bagian yang digunakan untuk mengaliri air ini memiliki intensitas yang besar juga ketersediannya setiap waktu tetap ada, karena bagaimanapun dengan intensitas yang teratur memungkinkan air nantinya akan secara periodik terus mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman.
  4. Mulailah untuk mempersiapkan jenis tanaman yang nantinya akan ditanam, prosesnya tak jauh berbeda dengan menanam pada media tanah, karena di bagian dasar pipa-pipa ini sebenarnya sudah tersedia zat nutrisi yang dapat dibeli di pasaran untuk menunjang tumbuh kembang tumbuhan tersebut. Proses pembibitan tetap dilakukan di luar sampai dengan siap tanam nantinya baru dimasukkan kedalam media.

Keuntungan lain menanam tanaman hidroponik ini adalah jenis tanaman akan lebih tahan terhadap serangan hama dan juga penyakit, karena lokasinya yang juga tidak begitu jauh dari tempat tinggal Anda, maka kondisinya bisa terus dicek setiap hari, masa panen sama halnya dengan tumbuhan yang ditanam di media tanah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.