Portal Gaya Hidup Kaum Urban
Art is not a luxury, but a necessity.

15 Jenis Puisi dalam Sastra Indonesia Yang Perlu Anda Ketahui

0 13

Barangkali anda adalah seorang penulis puisi atau bahkan penikmat puisi itu. Namun tahukah anda, puisi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis puisi? Jenis-jenis puisi ini terbagi menjadi puisi berdasarkan bentuk dan berdasarkan isi. Kita akan bahas jenis puisi di bawah.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang paling umum dan mudah ditemukan, selain itu puisi juga mudah ditulis karena dapat ditulis sesuka penyairnya, berkat asas licentia poetica. Terutama bagi mereka yang sedang jatuh cinta, menulis puisi bisa segampang menjentikkan jari.

jenis-jenis puisi
Image : Pixabay

 

Nah, lalu apa saja jenis-jenis puisi itu?

Jenis-jenis puisi dalam kesusastraan Indonesia
Jenis puisi berdasarkan bentuk
Berikut adalah jenis puisi berdasarkan bentuk fisik dari puisi itu. Bentuk puisi menyangkut jumlah baris dan bait dalam satu puisi.

Baca Juga : Jenis Pantun Yang Wajib Anda Ketahui Secara Lengkap

Berdasarkan bentuknya puisi dapat dibagi menjadi 8 jenis, sebagai berikut:

Destikon

Destikon adalah puisi yang memiliki bentuk dengan dua sajak seuntai.

Tersina

Tersina adalah puisi yang memiliki bentuk dengan tiga sajak seuntai.

Kuatren

Kuatren adalah puisi yang memiliki bentuk dengan empat sajak seuntai.

Kuin

Kuin adalah puisi yang memiliki bentuk dengan lima sajak seuntai dalam 3 bait.

Sektel

Sektel adalah puisi dengan lima sajak seuntai pada bait satu, enam sajak pada bait dua dan lima seuntai dalam bait tiga dalam tiga bait. Polanya adalah 5-6-5 dalam 3 bait.

Septimal

Septimal adalah puisi dengan lima sajak seuntai pada bait satu, tujuh sajak pada bait dua dan lima seuntai dalam bait tiga dalam tiga bait. Polanya adalah 5-7-5 dalam 3 bait.

Oktaf

Oktaf adalah puisi dengan lima sajak seuntai pada bait satu, delapan sajak pada bait dua dan lima seuntai dalam bait tiga dalam tiga bait. Polanya adalah 5-8-5 dalam 3 bait.

Sonela

Sonela adalah puisi dengan lima sajak seuntai pada bait satu, dua belas sajak pada bait dua dan lima seuntai dalam bait tiga dalam tiga bait. Polanya adalah 5-12-5 dalam 3 bait.

Jenis puisi berdasarkan isi

Jika tadi berdasarkan bentuk, sekarang adalah jenis puisi berdasarkan isi. Isi puisi berkaitan dengan maksud penulis menulis puisi itu, lebih jelasnya di bawah ini:

Satire

Satire adalah puisi yang berisi sindiran atau kritikan terhadap kesenjangan sosial dan hal lainnya. Satire mudah ditemui, biasanya untuk mengkritik pemerintahan dan lingkungan sosial.

Balada

Balada adalah puisi yang berisikan sebuah cerita. Kisah yang diceritakan dengan syair atau puisi, bukan dengan prosa sebagaimana biasanya.

Romansa

Romansa adalah puisi yang berisikan perasaan kasih sayang, luapan rasa terhadap kekasih. Surat cinta adalah contoh dari romansa.

Himne

Himne adalah puisi yang berisikan puji-pujian. Doa adalah contoh dari himne.

Elegi

Elegi adalah puisi yang mengungkapkan rasa duka, keluh kesah dan lainnya yang disebabkan oleh perasaan sedih dan sebagainya.

Ode

Ode adalah puisi yang berisi baris-baris yang bernada dan gaya resmi dan ditujukan untuk menyanjung.

Itulah beberapa jenis puisi yang terdapat dalam sastra Indonesia dan barangkali pernah anda temukan dalam bahan bacaan.

Baca Juga : Tips Memilih Warna Jilbab Yang Sesuai Dengan Warna Kulit

Puisi adalah seni sastra yang sangat disukai oleh orang banyak karena melalui puisi perasaan-perasaan dapat disampaikan. Bagaimana dengan anda, tertarik untuk menulis puisi?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.