Portal Gaya Hidup Kaum Urban
Art is not a luxury, but a necessity.

Ini Alasan Sederhana Mengapa Kita Harus Liburan ke Jepang

0 29

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan favorit untuk berlibur. Tak terkecuali masyarakat Indonesia, yang banyak berkeinginan untuk bisa liburan ke Negeri Matahari Terbit tersebut.

Termasuk saya yang dari dulu bercita-cita bisa melanjutkan kuliah di Jepang sambilLiburan Ke jepang, atau minimal bisa mengunjungi negara yang pernah menjajah Indonesia itu.

Yah walaupun sampai sekarang belum kesampaian, tapi tetap saja impian saya itu tidak akan saya hapus dari daftar hal yang harus dilakukan sebelum saya mati.

 

Alasan Mengapa Harus Liburan Ke jepang ?

Alasan Mengapa Harus Liburan Ke jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan favorit untuk berlibur. Tak terkecuali masyarakat Indonesia, yang banyak berkeinginan untuk bisa liburan ke Negeri Matahari Terbit tersebut.

Termasuk saya yang dari dulu bercita-cita bisa melanjutkan kuliah di Jepang, atau minimal bisa mengunjungi negara yang pernah menjajah Indonesia itu.

Yah walaupun sampai sekarang belum kesampaian, tapi tetap saja impian saya itu tidak akan saya hapus dari daftar hal yang harus dilakukan sebelum saya mati.

Banyak temen saya menanyakan “apa sih bagusnya Jepang? kan di Indonesia juga banyak tempat-tempat yang lebih bagus dari Jepang.

” Please guys, mulai sekarang stop nanya itu lagi. Memang sih di Indonesia banyak tempat yang gak kalah bagus ama di Jepang,

tapi kenyataannya Jepang jauh diatas Indonesia, sudah gak bisa dibandingin lagi, beda kelas bro!

Saya disini bukannya menjelek-jelekan Indonesia ya, tapi kenyataanya memang begitu. Sad but true.

Lalu, apa sih bagusnya Jepang? kok bisa beda kelas dengan Indonesia, padahal Indonesia memiliki potensi-potensi wisata yang melimpah?

Well, pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang akan saya bahas di artikel kali ini. Penasaran? langsung aja saya mulai dari sesuatu yang tidak akan ada di Indonesia.

Baca Juga : Tips Memilih Biro Jasa Travel Saat Berlibur Ke Luar Negeri

Empat Musim Yang Ada Di Jepang

Berbeda dengan negara tropis seperti Indonesia yang hanya memiliki 2 musim dalam setahunnya, Jepang memiliki 4 musim yang akan berganti tiap 3 bulan sekali.

Musim semi di Jepang merupakan musim yang sangat ditunggu-tunggu baik oleh penduduknya sendiri maupun para wisatawan-wisatawan asing.

Karena pada musim ini suhu dingin mulai berkurang yang membuat kita bisa lebih nyaman untuk melakukan aktivitas kita dan berkeliling menikmati keindahan Jepang.

musim semi di jepang

Dan tentu saja keindahan yang melambangkan musim semi Jepang adalah bunga sakura.

Biasanya bunga sakura mulai mekar dari daerah yang beriklim hangat, yaitu Tokyo di Kanto lalu berlanjut ke daerah Tohoku di bagian utara dan Hokkaido.

Wisatawan asing disarankan untuk mengecek terlebih dahulu perkiraan mekarnya bunga sakura agar bisa menikmati bunga sakura yang mekar sempurna.

Dengan daya tarik bunga sakura yang begitu mendunia, tentunya banyak orang-orang yang penasaran ingin melihat secara langsung bunga yang berwarna merah muda tersebut. Tidak heran kalau musim semi menjadi musim terbaik untuk pergi wisata ke Jepang.

Musim Panas Di Jepang

Musim Panas Di Jepang

Liburan selama musim panas di Jepang memberikan warna tersendiri bagi para wisatawan, dimana disana kita bisa melihat dan mengamati budaya dan kebiasaan masyarakat.

Mereka sangat menikmati datangnya musim panas. Pekarangan sempit ditanami berbagai tanaman hias yang cantik dengan warna-warna menyolok di pot-pot mungil.

Dan tentu saja hal yang paling menarik perhatian yaitu Yukata dan festival musim panas. Untuk bagian festival akan saya bahas nanti dibawah

jadi mari kita lihat sisi menarik dari yukata yang biasa dikenakan masyarakat Jepang saat musim panas.

Yukata biasa dipakai masyarakat Jepang pada musim panas untuk suatu acara ataupun festival (matsuri).

Biasanya perempuan lebih banyak memakai yukata daripada laki-laki. Meskipun Jepang merupakan negara maju, anak-anak muda disana tidak malu memakai pakaian tradisional untuk berjalan-jalan.

Baca Juga : Pantai Yang Wajib Di Kunjungi Saat Berwisata Ke Sulsel

Hal itu menjadikan daya tarik tersendiri untuk berlibur ke Jepang pada saat musim panas. Ditambah dengan cantiknya gadis-gadis Jepang saat memakainya membuat para wisatawan ingin membawa pulang salah satu *eh.

Musim Gugur Di Jepang

Musim Gugur Di Jepang

Pada musim gugur cuaca panas akan mulai mereda, dan kelembapan udara juga akan turun yang mengakibatkan udara menjadi kering.

Meskipun begitu, musim gugur merupakan musim yang nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan.

Sama seperti musim semi yang populer dengan bunga sakura, musim gugur juga populer dengan pemandangan perubahan warna daun.

Dan yang paling terkenal pada saat musim gugur adalah Aoyama Road, yaitu jalan yang memiliki barisan pohon ginkgo di kedua sisinya.

Total semuanya ada 146 pohon. Di saat warna daun ginkgonya berubah menjadi kuning, jalur yang ada di antara pepohonan ginkgo tersebut

menjadi seperti terowongan yang memancarkan cahaya kuning. Bahkan saking terkenalnya tempat ini sering dijadikan tempat pembuatan film.

Tidak heran jika wisatawan asing banyak yang memilih untuk berlibur ke Jepang pada musim gugur.

Dengan keindahan daun-daun yang sangat berwarna itu tidak hanya enak dipandang tapi juga dapat menyejukkan hati yang melihatnya.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, Jepang makin digandrungi sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia.

Karena Indonesia bukan negara dengan empat musim, wajar kalau waktu di mana salju menyelimuti kota dinilai sebagai saat terbaik untuk berlibur ke Jepang.

Musim Dingin Di jepang

Musim Dingin Di jepang

 

Hal menarik yang bisa kalian coba saat musim dingin adalah bermain Ski salju ataupun snowboarding.

Tidak seperti di Indonesia, olahraga ski dan snowboarding sangat digemari oleh negara-negara bermusim dingin.

Kalau kalian berjalan-jalan ke Jepang saat musim salju, ini saat yang tepat untuk merasakan olaraga ski dan snowboarding.

Bermain ski di Jepang tentu punya kesan yang berbeda dengan negara lainnya karena memang dataran Jepang rata-rata dihiasi oleh pegunungan.

Kalian tidak perlu bingung memilih bulan untuk liburan musim dingin di Jepang jika ingin bermain ski atau snowboarding, karena kebanyakan resort ski sudah banyak yang buka pada bulan Desember hingga bulan April.

Dengan salju sebagai daya tarik utama dari musim dingin di Jepang, tidak heran kalau banyak wisatawan asing yang berasal dari negara 2 musim berkunjung untuk merasakan sensasi dari salju.

Selain itu ada juga festival-festival ataupun permainan-permainan yang kalian bisa nikmati pada saat musim dingin membuat negara ini selalu kebanjiran wisatawan pada saat musim dingin.

Selain dari suasana 4 musimnya, masih ada hal lain lagi yang menjadikan Jepang sebagai salah satu negara yang paling diimpikan.

Dengan sejarah negara yang panjang, tentunya Jepang mempunyai budaya yang kental dan masih dilestarikan hingga sekarang.

Tradisi Dan Kebudayaan Jepang

Hal itu tentu saja menarik perhatian para wisatawan asing untuk melihat langsung kebudayaan negeri sakura ini.

Jepang mempunyai kebudayaan yang unik sehingga kebudayaan mereka banyak di kenal masyarakat dunia, salah satunya Indonesia.

Masyarakat Jepang begitu mencintai kebudayaannya sendiri dan mau menjaganya sehingga masih terus berkembang sampai sekarang.

Karena kebudayaan Jepang sangat banyak dan cukup beragam, maka saya akan jelasin kebudayaan Jepang yang terkenal dan paling menarik bagi saya yaa.

1. Geisha di Jepang

Geisha di Jepang

Geisha di Jepang sendiri merupakan sesuatu yang tabu untuk dibicarakan, padahal kebanyakan penduduk Jepang maupun wisatawan asing sudah tahu apa itu geisha.

Kenapa bisa begitu? yah karena pemahaman tentang Geisha yang suka disalahartikan oleh sebagian orang menjadi konotasi yang negatif. Lalu apa sebenarnya Geisha itu?

Penari Geisha di Jepang

Geisha merupakan sebutan untuk seniman yang ahli di bidang seni musik, seni tari, dan keahliannya digunakan untuk menghibur tamu.

Baca Juga : Menulusuri Pariwisata Di Jawa Tengah Yang Begitu Eksotis

Tidak mudah menjadi seorang geisha karena dibutuhkan latihan selama bertahun-tahun untuk memainkan berbagai macam alat musik, menyanyi, menari, serta menjamu tamu.

2. Kimono Di Jepang

Kimono Di Jepang

Jepang memiliki pakaian Tradisional yang bernama Kimono. Pada masa lalu pakaian ini menjadi satu satunya pakaian yang dikenal dan digunakan dalam kehidupan sehari hari masyarakatnya.

Tapi pada masa modern sekarang Kimono berkembang menjadi pakaian yang eksklusif dan hanya digunakan terbatas pada orang tertentu atau event khusus saja.

Alasannya adalah selain karena dianggap tidak praktis juga karena harganya yang cukup mahal.

Kebanyakan wisatawan asing mengira selama ini kimono adalah pakaian wanita. Padahal kimono juga ada yang untuk pria. Tentu saja dengan bentuk yang berbeda namun menggunakan nama yang sama.

Dan biasanya kimono pria lebih sederhana baik dalam desain, motif maupun warnanya yang biasanya didominasi oleh warna gelap.

3. Tako

Tako

Tako merupakan seni layang-layang yang berasal dari Jepang. Desain layang-layangnya sangat unik dan biasanya bergambar tokoh-tokoh sejarah Jepang.

Biasanya setiap tahunnya di Jepang ada acara yang khusus bermain layang-layang ini.Tentu saja ini sangat menarik bagi wisatawan asing untuk menonton atau bahkan ikut berpartisipasi, apalagi buat saya yang sangat suka main layang-layang.

4. Ikebana

Ikebana di jepang

Ikebana merupakan kesenian merangkai bunga agar terlihat lebih cantik dan indah. Dalam sejarah Jepang bunga sangat dihormati, karena dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan. Biasanya bunga dirangkai dalam bentuk tertentu dan kemudian diletakkan di altar utama.

Sebenarnya masih banyak lagi tradisi-tradisi dan kebudayaan Jepang yang bisa kita temukan jika berkunjung kesana.

Tapi menurut saya kebudayaan diatas merupakan kebudayaan yang paling menarik dan harus wajib kita lihat dan utamakan jika berkunjung kesana.

Festival – Festifal Di Jepang

Setelah kita membahas kebudayaan, kita lanjut ke hal yang sangat identik dengan Jepang yaitu festival.

Di Jepang festival merupakan acara wajib tahunan yang bisa kalian temui di setiap sudut kota.  Ada berbagai macam jenis festival yang ada disana,

maka dari itu saya akan mencoba membahas festival-festival terbaik di Jepang yang harus kalian lihat dan datangi.

1. Seijin Shiki

Seijin Shiki di jepang

Seijin shiki merupakan upacara orang dewasa yang biasanya diadakan pemerintah yang mengundang masyarakatnya yang telah menginjak usia 20 tahun untuk merayakan usia yang telah dianggap cukup umur menurut hukum.

Biasanya festival ini diselenggarakan di gedung pertemuan, aula hotel, ataupun gedung serbaguna. Festival ini juga bisa dijadikan sebagai ajang cari jodoh loh.

Biasanya peserta menggunakan setelan kimono dengan rias wajah dan tata rambut hasil salon. Dan terkadang para peserta festival malah lebih asik berkumpul diluar gedung acara dan bereuni dengan teman-temannya.

Malah biasanya cowok-cowoknya memilih mabuk-mabukan diluar. Jangan ditiru nih kalau kalian nanti mau liat festival ini.

2. Festival Hanami di jepang

Festival Hanami di jepang

Festival Hanami merupakan festival dimana warga Jepang bersama-sama untuk melihat mekarnya bunga sakura, bunga khas negara ini.

Karena keindahan bunga sakura yang bermekaran merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang Jepang.

Bahkan mereka menganggap bunga sakura adalah bagian jiwa mereka.Karena itu, mekarnya bunga sakura menjadi moment yang spesial bagi mereka.

Nah, biasanya pada saat perayaan hanami ini, banyak rombongan yang pergi berpiknik menggelar tikar dan duduk-duduk di bawah pepohonan sakura untuk bergembira bersama, minum sake, makan makanan khas Jepang.

Ada yang bersama dengan keluarga, teman, dan pacar. Kebayang gak sih bagaimana serunya makan bareng orang yang disayangi di bawah indahnya bunga sakura gitu, iri banget kan.

3. Festival Tanabata

Festival Tanabata di jepang

Festival Tanabata atau Festival Bintang merupakan perayaan yang biasanya dilakukan pada musim panas di Jepang, Tiongkok, maupun di Korea.

Hampir di seluruh pelosok Jepang merayakan festival ini. Festival ini biasa diadakan pada tanggal 7 Juli dan biasanya yang paling meriah berada di kota Sendai.

Jika kalian berkunjung ke Jepang saat festival Tanabata, kalian bisa ikut bersama penduduk lokal menyiapkan hiasan

Tanzaku, yaitu berupa guntingan kertas lima warna (merah, kuning, biru, kuning muda, dan putih) untuk dituliskan puisi-puisi pendek yang indah ataupun kalian juga bisa menuliskan cita-cita dan permohonan di hiasan Tanzaku

dengan harapan cita-cita dan permohonan yang disampaikan dapat dikabulkan oleh dewa langit. Hiasan Tanzaku biasanya digantung pada dahan pohon bambu.

4. festival Hina Matsuri

festival Hina Matsuri

Jepang selalu memperingati tanggal 3 Maret dengan perayaan Festival Hina Matsuri ( Festival Boneka ), yang juga sebagai peringatan Hari Anak Perempuan atau Girl’s Day.

Di festival ini semua orang berdoa untuk kebaikan dan kebahagiaan bagi seluruh anak perempuan Jepang.

Biasanya para orang tua akan menempatkan boneka-boneka khusus yang biasa disebut Hina-ningyo untuk merayakan festival Hina Matsuri ini. Selain itu mereka juga menyiapkan bunga-bunga persik untuk perayaan ini.

Boneka-boneka tersebut biasanya diatur berjajar sebanyak lima atau tujuh tingkat berjenjang dan dengan alas sebuah kain karpet berwarna merah.

Pada festival ini kalian bisa melihat boneka-boneka yang menggambarkan kerajaan Jepang yang unik dan juga di festival ini banyak anak-anak imut Jepang yang berpartisipasi memeriahkan acara yang akan membuat orang-orang Indonesia gemas tentunya, haha.

5. Hanabi Taikai

Hanabi Taikai

Hanabi Taikai merupakan Festival Kembang Api di Jepang yang biasanya diadakan pada musim panas.

Di seluruh penjuru Jepang biasanya selalu mengadakan festival yang sangat ditunggu-tunggu penduduk Jepang ini.

Disini kalian bisa melihat ratusan hingga ribuan kembang api yang dinyalakan yang membuat langit Jepang sangat indah dan mempesona.

Nah bagi kalian yang ingin menyaksikannya langsung, sebaiknya kamu dateng lebih awal, karena selain kalian bisa keliling tempat festival dulu untuk menikmati jajanan-jajanan maupun permainan yang ada,

kalian juga bisa mendapatkan spot terbaik untuk menyaksikan kembang api tersebut.Apalagi jika kalian kesana bersama pasangan, tentunya tempat tersebut sangat cocok untuk menambah suasana romantis.

Masih sangat banyak festival yang kalian bisa nikmati jika wisata ke Jepang. Tiap tahunnya mungkin bisa sampai ratusan festival yang diadakan di Jepang, jadi jangan khawatir gak dapet kesempatan bisa melihat langsung festival-festival yang sangat meriah di Jepang.

Tempat Wisata Di jepang

Tentunya perjalanan kalian tidak cukup hanya menikmati festival dan kebudaayan di Jepang. Kalian juga bisa menikmati tempat-tempat wisata yang menarik dan begitu menakjubkan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Tower tinggi yang dibangun di kota Sumida pusat kota Tokyo ini dibuat pada tahun 2008 dan menjadi ikon baru kota Tokyo menggantikan tower Tokyo.

1. Tokyo Skytree Tower

Tokyo Skytree Tower

Tokyo Skytree Tower memiliki ketinggian 350 meter. Menara ini difungsikan sebagai pemancar sinyal televisi.

Namun tidak hanya itu, tower unik dan sangat tinggi ini juga bisa dijadikan tempat rekreasi dan hiburan karena kita bisa naik dan melihat langsung pemandangan kota Tokyo dari atas.

Jika beruntung dan kondisi langit lagi cerah, Kamu bisa melihat pemandangan kota Tokyo 360 derajat dengan puncak Gunung Fuji di sisi Barat dari tempat ini.

Dan tentu saja jika kalian datang ke tempat ini menjelang malam, kalian bisa menikmati indahnya sunset dengan sangat leluasa dan menyenangkan.

2. Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland merupakan merupakan taman bermain terbesar dan paling ramai di Jepang.  Tidak heran, karena selain letaknya yang strategis, atraksi-atraksi serta wahana bermainnya sangat banyak dan menyenangkan.

Sehingga membuat penduduk Jepang maupun wisatawan asing selalu beramai-ramai untuk pergi liburan kesini.

Tokyo Disneyland ini terbagi atas tujuh zona utama yaitu World Bazaar, Tomorrowland, Toontown, Adventureland, Westernland, Critter Country dan Fantasyland. Yang tentunya bisa kalian kunjungi semua jika punya cukup banyak waktu.

Nah kalau kamu bawa anak-anak, Toontown adalah zona yang tepat buat kalian kunjungi pertama kali.Dan kalau kalian ingin berbelanja, Kalian bisa kunjungi zona World Bazaar. Zona yang terletak di pintu masuk ini cocok untuk kamu penggemar belanja dan wisata kuliner.

3. Tokyo DisneySea

Tokyo DisneySea

Tokyo DisneySea merupakan proyek lanjutan dari Tokyo Disneyland Resort. DisneySea ini berlokasi tepat bersebelahan dengan Tokyo Disneyland, sehingga kalian bisa langsung kesini setelah cukup puas bermain di Disneyland.

Berbeda dengan Disneyland yang kebanyakan wahananya untuk anak-anak, Tokyo DisneySea lebih menargetkan pengunjung remaja hingga dewasa.

Tapi kalian tetap bisa mengunjunginya bersama keluarga tercinta kalian kok.Jika kalian ingin berkunjung ke sini,

sebaiknya kalian memilih pada sore menjelang malam hari karena biasanya akan diadakan pertunjukan yang sangat keren dan meriah, yaitu FANTASMIC.

FANTASMIC merupakan pertunjukan dari kisah spektakuler yang imajinatif, berlatar di Mediterranean Harbor pada malam hari.

Biasanya orang-orang Jepang sejak jam 5 sore sudah banyak yang berkumpul di pinggir-pinggir tempat pertunjukan menggelar tikar untuk bersiap menonton FANTASMIC.

4. Okinawa Churaumi Aquarium

Okinawa Churaumi Aquarium

Jepang memiliki begitu banyak akuarium-akuarium raksasa yang tersebar di beberapa kota. Dan salah satu yang paling terkenal dan menonjol dari yang lain karena fasilitas yang menakjubkan adalah Okinawa Churaumi Aquarium.

Bisa dibilang Okinawa Churaumi Aquarium merupakan akuarium terbaik dari semua wisata Aquarium di dunia karena memiliki tangki raksasa yang merupakan rumah bagi berbagai hewan air, bahkan ada paus dan ikan hiu didalamnya

Salah satu area yang harus kalian kunjungi di Okinawa Churaumi Aquarium adalah Akuarium laut dalam.

Di area laut dalam, kalian bisa melihat berbagai macam makhluk laut dengan bentuk yang aneh dan jarang kalian lihat.

Area ini terdapat di lantai pertama. Mengumpulkan dan memberi makan makhluk laut dalam ini tidak mudah dan berbeda dengan makhluk laut lain,

jadi diperlukan perlakuan khusus agar makhluk laut tersebut bisa bertahan di dalam akuarium.

Makhluk laut ditempat ini diambil dari laut dekat Okinawa dengan kedalaman lebih dari 200 meter dari permukaan laut.

5. Gunung Fuji

Gunung Fuji

Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi dan juga gunung paling terkenal di Jepang. Gunung ini bisa terlihat sampai 100 kilometer jauhnya jika cuaca sedang bagus.

Apabila kita mendengar gunung fuji, pasti kita langsung teringat dengan Jepang.

Dengan keindahannya yang memikat mata, tidak heran memang gunung ini menjadi ikon negeri matahari terbit tersebut.

Apalagi dengan berselimutkan salju dan dengan tampilan bentuk kerucut yang luar biasa indah, menjadikan gunung fuji salah satu gunung yang paling eksotis dan terkenal.

Gunung Fuji merupakan gunung wisata, setiap tahunnya ada sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji , dan 30% di antaranya merupakan orang asing.

Orang Jepang biasanya pergi ke sana dengan tujuan sekedar rekreasi dan ada juga yang ingin beribadah disana.

Nah, bagi kalian yang ingin mendaki gunung ini, sebaiknya datang pada musim panas, sekitar bulan Juli sampai pertengahan september,

karena pada periode itu gunung fuji bebas dari salju, cuaca sedang bagus dan akses transportasinya pun mudah.

Wisata Kuliner Di Jepang

Setelah kalian capek jalan-jalan keliling Jepang, kalian tentunya lapar dong ya. 😓 Kalian juga wisata kuliner di Jepang lho, menikmati makanan-makanan khas Jepang yang menggugah selera.

Walaupun sudah banyak di Indonesia orang yang menjual makanan Jepang, tapi pasti beda dan lebih enak makanan asli Jepangnya dong.

Nah ini saya kasih list makanan Jepang yang paling enak dan tentunya sesuai dengan lidah orang Indonesia.

1. Ramen

Ramen di jepang

Semua orang pasti sepakat kalau ramen merupakan salah satu mie terbaik di dunia. Banyak orang yang ketagihan dengan mie khas Jepang satu ini.

Jika kalian berlibur ke Jepang kalian akan menemui banyak kedai ramen di jalanan kota Jepang. Ramen sangat cocok dimakan waktu dingin karena kuahnya yang hangat dan pedas membuat badan menjadi hangat dan membuat kita ketagihan.

2. Kari Jepang

Kari Jepang

Banyak orang taunya cuma Kari India. Padahal selain di India, Jepang juga memiliki kari yang enak dan unik lho.

Perbedaan kari Jepang dari Kari India adalah Kari Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak terlalu pedas. Makanan ini telah dijadikan makanan nasional Jepang.

Kari Jepang biasanya memiliki banyak varian rasa dan bahan seperti kari Ayam, kari seafood, kari sapi dan tentunya juga dihidangkan dengan nasi.

3. Sashimi

Sashimi di jepang

Sashimi adalah hidangan tradisional Jepang Kalian bisa menemukan menu ini di hampir setiap sudut kota Jepang.

Kalo kamu nyari yang murah dan segar kalian bisa pergi ke restoran yang dekat dengan pelabuhan, karena ikan-ikan disana masih fresh dari nelayan.

Tapi kalau kalian pengen rasanya yang lebih nendang di mulut tidak peduli soal harga sih, kalian bisa membelinya di restoran-restoran besar di pusat kota.

4. sushi

sushi di jepang

Khususnya anak muda banyak sekali yang menyukai makanan sushi ini, bahkan saat ini menjadi tren karena di Indonesia saat ini juga banyak tempat makan yang menjual makanan Jepang.

Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka, beras, garam dan gula.

Sushi memiliki rasa yang sangat enak dan tidak hanya itu, gizi yang terkandung dalam sushi juga sangat tinggi.

Setelah melihat betapa menakjubkan dan kerennya Jepang, pasti kalian jadi pengen bisa pergi wisata ke Jepang kan?

Video Liburan Ke Jepang

Nah, buat kalian yang memang pengen liburan kesana, tapi bingung mau ngapain dan apa aja yang harus disiapin, kalian bisa gunakan agen travel yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan,

Semoga informasi ini  seputar liburan ke jepang bisa bermamfaat bagi anda Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.