Portal Gaya Hidup Kaum Urban
Art is not a luxury, but a necessity.

REVIEW SMARTPHONE XIAOMI REDMI 4X – PERFORMA BERINGAS!

0 25

Hai kalian para pemburu smartphone berkualitas.Disini saya pengen review hp keluaran terbaru dari Xiaomi yang baru-baru ini saya beli, yaitu Xiaomi Redmi 4X. Buat kalian yang lagi nyari smartphone pengganti yang murah dan spesifikasi gahar,

Boleh banget ngebaca review dari saya ini. Karena Xiaomi selalu konsisten menghadirkan smartphone murah meriah dengan spesifikasi tinggi, salah satunya Xiaomi Redmi 4X ini.

Tidak lupa tiap tahunnya Xiaomi pun selalu rajin mengeluarkan produk baru dan memperbaharui fitur-fitur yang ada.

Nah maka dari itu disini saya akan membantu kalian mengenal lebih dalam Xiaomi Redmi 4X ini agar kalian bisa mempertimbangkan apakah ingin meminangnya atau tidak.

Mari kita mulai dari melihat spesifikasi hape ini secara umum terlebih dahulu sebelum masuk ke hal-hal yang lebih mendetail.

REDMI 4X
source : droidlime.com

 

SPESIFIKASI XIAOMI REDMI 4X

Bodi
Dimensi : 139.24 x 69.96 x 8.65 mm / 150 gram
Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~296 ppi pixel density)
Material : Metal (2.5D Curved Glass Screen)

Memori
Internal : (Ram 2GB/16GB)
Eksternal : microSD, up to 128GB

Processor
OS : Android Marshmallow 6.0.1
Chipset : Qualcomm Snapdragon 435
CPU : Octa-core (4×1.4 GHz & 4×1.1 GHz)
GPU : Adreno 505
Sensor : Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Konektivitas
WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth : v4.2, A2DP, LE
GPS : A-GPS, GLONASS
USB : MicroUSB 2.0

Kamera
Belakang : 13 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
Depan : 5 MP, f/2.2
Video : 1080p@30fps

Baterai
Kapasitas : Non-removable Li-Ion 4.100 mAh (Fast Charging)

Bagaimana? Keren banget kan. Jika kita lihat dari spesifikasi diatas, menurut saya itu sangat mewah banget untuk ukuran smartphone seharga satu jutaan.

Biasanya spesifikasi diatas bisa ditemukan di smartphone lain yang seharga 3-5jtaan. Dengan layar yang besar, touchscreen yang sangat nyaman,

Material metal yang elegan, serta dilengkapi fitur Curved Glass Screen membuat smartphone ini begitu mewah dengan harga yang murah.

Selain itu memori penyimpanannya pun sangat besar, bahkan bisa kita tambah lagi dengan memori eksternal.

Smartphone ini juga sudah dipersenjatai dengan android marshmallow yang membuat performanya menjadi lebih baik.

Yang paling menggiurkan tentu saja kamera yang diusungnya, yaitu 13MP di belakang dengan bukaan 2.0 dan 5 MP di depan dengan bukaan 2.2 yang membuat aktivitas foto-foto kalian menjadi lebih asik dan keren.

Apalagi Smartphone ini dilengkapi dengan baterai dengan daya yang sangat besar, yaitu 4.100 mAh dan juga dilengkapi dengan fitur fast charging yang menjadikan smartphone ini kesatuan yang sempurna.

Setelah saya bahas secara umum mengenai spesifikasi dari Xiaomi Redmi 4X ini, Smartphone ini memang terlihat sangat menggoda.

Maka dari itu saya pun mencoba membelinya dan membuktikan apakah smartphone ini memang sebagus kelihatannya.

Dan setelah cukup lama saya menggunakan Smartphone Xiaomi Redmi 4X ini, inilah hasil penilaian saya.

— DESAIN  —

desain REDMI 4X

Mari kita bahas dari hal yang paling dasar dan yang pertama kali kita lihat terlebih dahulu, yaitu desain dari smartphone Xiaomi Redmi 4X ini.

Sebenarnya desainnya hampir sama dengan pendahulunya yaitu Xiaomi Redmi 3X, tapi jika saya lihat di beberapa bagian ada beberapa perbaikan yang membuat Redmi 4X ini terasa lebih berkelas.

Dengan desain yang lebih melengkung membuat smartphone ini menjadi lebih nyaman di tangan dan juga enak dilihat. Berbeda dengan Redmi 3X dulu yang terkesan lebih kotak.

Untuk materialnya, Xiaomi Redmi 4X ini masih konsisten menggunakan material Metal yang selalu saja menimbulkan kesan premium serta kokoh dan solid.

Walaupun material metal ini terasa lebih berat dibandingkan plastik, tapi tidak akan menjadi masalah karena material metal juga membuat smartphone kita menjadi lebih awet dan tahan banting.

Kalau soal warna, Xiaomi menyediakan warna emas yang terlihat sangat cocok dengan material metal yang diusungnya.

Tapi entah kenapa saya lebih tertarik dengan warna hitam dari smartphone Xiaomi Redmi 4X ini. Warna hitam membuat Xiaomi Redmi 4X ini lebih menonjolkan sisi mewah dan kokohnya.

dibandingkan emas yang agak terlalu terang. Apalagi warna hitam juga tidak gampang kotor, sehingga menjadi suatu kelebihan tersendiri.

Walaupun memiliki bodi agak tebal dan layar 5 inchi, smartphone ini terasa begitu nyaman dan pas di tangan.

Kita bisa dengan mudah menggenggamnya dan menggunakannya dengan satu tangan saja. Mungkin mereka pun sudah melakukan survey dengan teliti

Sehingga bisa menghadirkan Xiaomi Redmi 4X yang cocok di tangan anak-anak muda pecinta Smartphone berkualitas.

Sama seperti Redmi 4A, Redmi 4X memiliki tombol volume dan power di sebelah kanan. Sementara di bagian atas bertengger port audio 3.5mm dan port inframerah.

Slot kartu micro SIM dapat kalian temui di ruas kanan perangkat.Menurut saya penempatan berbagai fitur ini sudah sangat bagus dan nyaman untuk digunakan.

Dengan tombol power dan volume yang ada di kanan, kita bisa menggunakannya dengan satu tangan dan menekan tombol tersebut dengan jempol kita.

Untuk bagian layar, smartphone ini mengusung desain layar 2,5D sehingga bisa membuat tampilan bodi terlihat pada area depan lebih mewah.

Untuk bagian belakangnya terdapat lubang sensor kamera dan LED flash yang berada di pojok kiri atas.

Dibawahnyaterdapat garis strip yang memanjang dari kiri ke kanan yang berguna sebagai antena ponsel.

Sedangkan untuk sensor sidik jari berada pada bawah garis strip tersebut dengan posisi tepat di tengah sehingga sangat mudah dijangkau oleh jari kita.

— PENYIMPANAN —

penyimpanan REDMI 4X

Biasanya smartphone yang punya memori internal sampai 16GB itu gak punya slot buat MicroSD.

Tapi berbeda dengan Xiaomi Redmi 4X ini, mereka juga menyediakan slot microSD sampai dengan 128GB lho.

Padahal menurut saya 16GB pun udah lebih cukup buat kebutuhan saya, karena saya pun gak terlalu suka menyimpan banyak file di smartphone.

Tapi buat kalian yang suka banget foto-foto, tentunya gak mau dong ya momen kalian gak bisa diabadiin cuma gara-gara memori smartphone penuh.

Maka dari itu kalian wajib banget beli nih smartphone karena memorinya yang super gede. Jadi kalian bisa koleksi foto-foto kalian dari masa kecil hingga sekarang tanpa perlu ngehapus2in dan takut kepenuhan.

Buat kalian yang suka main game di smartphone pun juga sangat cocok menggunakan Xiaomi Redmi 4X ini. Memori internal yang besar bisa membuat kalian menyimpan begitu banyak game.

Jadi dijamin deh kalian gak bosen main game itu-itu doang. Apalagi biasanya harus uninstall game lama dulu baru bisa install game baru, kan malesin ya. Jadi smartphone ini sangat saya rekomendasiin buat para gamers.

Kalian yang gak suka foto-foto ataupun main game pun juga tetep cocok kok pake smartphone ini. Kalian bisa install aplikasi-aplikasi yang kalian butuhin dengan gampang. Bisa nyimpan file-file penting juga. Atau mungkin nyimpan foto-foto mantan. *eh

Pokoknya dengan memori yang super besar ini, smartphone Xiaomi Redmi 4X ini sangat memanjakan penggunanya.

Kita pun juga tidak akan takut memori penuh. Apalagi kalau lupa bawa flashdisk, padahal mau minta file penting ke temen. Kalian bisa meng-copy nya terlebih dahulu ke smartphone kalian.

BACA JUGA : 5 Website Terbaik Yang Sering Digunakan Untuk Membuat Animasi GIF

— SOFTWARE & ANTARMUKA —

software REDMI 4X

Redmi 4X memiliki resolusi layar seluas 5 inci, yang membuat smartphone ini cukup lebar dan besar. Sayangnya layarnya masih HD, bukan full HD.

Meskipun masih memiliki layar HD, namun redmi 4X ini dapat menampilkan gambar yang jernih dan tajam meskipun tak setajam layar Full HD. Sudah bagus untuk penggunaan harian, nonton film maupun aktif di sosial media.

Jika kalian tidak nyaman dengan warna yang ditampilkan layar, kalian dapat mengatur warna dan saturasi layar melalui pengaturan yang sudah disediakan.

Xiaomi Redmi 4X juga menyediakan mode baca yang bisa membuat smartphone jadi sangat lebih nyaman saat sedang membaca. Selain itu untuk kecerahan layar juga bisa kita atur manual maupun otomatis.

Xiaomi Redmi 4X juga menyediakan berbagai macam pilihan ukuran font, sehingga jika kalian merasa fontnya terlalu kecil ataupun terlalu besar kalian bisa langsung mengubahnya sendiri.

Xiaomi juga selalu menyediakan fitur operasi satu tangan yang ada di pengaturan. Sehingga jika kalian terpaksa menggunakan satu tangan, tapi merasa layarnya terlalu besar, kalian bisa menggunakan fitur operasi satu tangan ini.

Redmi 4X ini masih menggunakan Android Marshmallow yang dilapisi dengan MIUI 8.2. Walaupun saat ini sudah ada versi yang lebih baru, tapi versi ini pun sudah cukup bagus dan sangat cocok untuk smartphone ini.

Nantinya pun pasti pihak Xiaomi juga akan selalu menyediakan update-update terbaru apabila menang diperlukan.

Jadi menurut saya perpaduan android marshmallow dengan MIUI 8.2 memang sudah pilihan terbaik saat ini.

Walaupun tampilan antarmuka Xiaomi terlihat agak membosankan bagi yang sudah sering menggunakan Xiaomi, tapi tetap saja masih cukup baik di kelasnya.

Banyak juga fitur-fitur keren yang disediakan Xiaomi untuk Redmi 4X ini lho. Seperti fitur dual space yang membuat kita memiliki dua ruangan terpisah

Seakan memiliki dua smartphone ini di bundle dalam satu smartphone dan fitur dual apps yang memungkinkan kita menjalankan dua aplikasi yang sama dengan dua akun yang berbeda.

Baca Juga : Kenali Cara Belanja Online Dan Beberapa Istilah Untuk Barang Online Palsu

— HARDWARE & PERFORMA —

hardware REDMI 4X

Xiaomi Redmi 4X ini dipersenjatai dengan processor octacore 1,4 Ghz & chipset terbaru di kelas menengah besutan qualcomm seri snapdragon 435 yang di duetkan dengan GPU Adreno 505 serta RAM 2 GB.

Kalau saya lihat spesifikasi dapur pacu yang di usung redmi 4X ini sudah cukup bagus dan cukup cepat untuk penggunaan sehari – hari maupun main game HD kelas menengah.

Redmi 4X ini juga dibekali dengan dua slot kartu micro SIM yang sudah mendukung 4G LTE cat6, sehingga buat kalian yang punya banyak kartu bisa dengan mudah menggunakannya.

Dibagian bawah juga terdapat Port microUSB yang bisa kita gunakan untuk mentransfer data dari dalam atau luar smartphone.

Selain itu juga terdapat port inframerah serta aplikasi Mi Remote di dalamnya yang memungkinkan Smartphone ini untuk kita gunakan sebagai remote control peralatan elektronik rumah tangga seperti televisi ataupun AC.

Smartphone ini juga sudah dilengkapi Bluetooth 4.2 serta Wi-Fi direct yang memungkinkan kita mentransfer data secara cepat dan mudah.

Sedangkan untuk navigasi lokasi, Redmi 4X ini telah dilengkapi dengan GPS dukungan dari Glonass dan Beidou.

Wireless Display yang terdapat di smartphone ini juga bisa kita manfaatkan untuk menghubungkan smartphone ke layar monitor lho.

Satu-satunya kendala yang saya rasakan sih, sensor sidik jari yang agak kruang responsif. Berbeda dengan Xiaomi keluaran lama,

Redmi 4X ini entah kenapa sensor sidik jarinya memerlukan waktu yang agak lebih lama untuk memprosesnya.

Walaupun begitu hal ini tentu tidak terlalu menjadi masalah asalkan sensornya tetap berjalan dengan baik.

Untuk performa sih sudah bagus, Smartphone ini bisa berjalan dengan baik walaupun saya mainkan dengan game-game berat, gak ada ngelag sama sekali.

Begitu pula saat saya membuka banyak aplikasi sekaligus, smartphone ini tetap bisa menjalankannya dengan mulus.

Membuka media sosial pun juga sangat enteng, walaupun kita membuka banyak sosial media secara berbarengan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bahaya Dari Virus Komputer Yang Menganggu

Satu kelebihan lain dari Redmi 4X adalah baterainya yang bertahan lebih lama. Namun, daya baterai yang lebih awet ini harus ditukar dengan layar yang lebih kecil dan resolusi lebih rendah.

Selama pemakaian, saya merasa resolusi HD pada layar 5 inci Redmi 4X sudah cukup, jadi layar yang lebih kecil bukan masalah untuk saya.

— SENSOR–

sensor REDMI 4X

Accelerometer adalah sensor yang digunakan oleh sistem untuk mendeteksi orientasi suatu perangkat berdasarkan gerakan ke segala arah atau dengan menggoyangkan yang memungkinkan fitur untuk bertindak.

Jadi jika kita meng-aktifkan sensor ini, maka smartphone akan otomatis menyesuaikan orientasinya berdasarkan posisi smartphone kita.

Gyroscope Alat ini bisa memberikan tentang informasi seputar orientasi tapi dengan lebih presisi pada handphone hinga bisa perputaran sampai 360 derajat. Jadi sensor ini mendeteksi berdasarkan gerakan kita.

Proximity adalah sensor yang digunakan pada saat percakapan atau panggilan berdasarkan jarak kedekatan perangkat dan pengguna.

Jika perangkat didekatkan ke telinga, secara otomatis mematikan layar atau mengunci layar untuk mencegah perintah dari sentuhan yang tidak diinginkan.

Compass atau Magnetometer adalah sensor yang dapat digunakan untuk mengukur magnetisasi dari bahan magnetik atau untuk mengukur kekuatan arah medan magnet pada titik dalam ruang atau sebagai kompas.

Alat ini mampu mendeteksi medan magnet seperti kutub utara. Magnetometer merupakan salah satu sensor untuk aplikasi kompas dan juga dapat mendeteksi terkait penggunaan logam.

Semua sensor-sensor diatas menurut saya sangat berguna untuk smartphone kita. Maka dari itu Xiaomi sudah tepat dengan tetap mempertahankan sensor-sensor yang bisa memudahkan kita tersebut.

— KAMERA & VIDEO —

KAMERA & VIDEO Di REDMI 4X

Di sisi kamera, Xiaomi Redmi 4X telah dipersenjatai dengan kamera beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 di bagian belakang dan kamera depan beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.2.

Kedua kameranya juga mampu merekam video hingga resolusi 1.080p dengan 30 fps lho, sudah lebih dari cukup buat kalian yang pengen mengabadikan kejadian sehari-hari ataupun buat kalian yang pengen buat vlog pun ini juga sudah cukup jernih.

Bagi kalian yang memiliki pengetahuan fotografi yang bagus, kalian dapat memilih mode foto manual untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang sesuai keinginan kalian.

Sedangkan untuk foto selfie, Redmi 4X juga dilengkapi dengan fitur beautification yang terdiri dari mode Smart dan Pro. Pada mode Pro, kalian bisa memutihkan kulit atau membuat tubuh kita terlihat lebih ideal.

Untuk hasil gambar yang diambil oleh smartphone ini dengan kamera belakang yang memiliki cukup resolusi sebesar 13MP milik Redmi 4X masih terlihat cukup tajam ketika ingin mengambil gambar di luar rungan dengan cahaya terang.

Gambar yang diambil menggunakan kamera depan 5MP-nya pun tidak buruk. Namun, jika gambar di ambil dalam keadaan cahaya minim, maka akan mulai terlihat banyak noise pada gambar.

Kamera belakang Redmi 4X memang dilengkapi flash, tapi gambar yang diambil dengan flash justru agak kurang bagus dan kurang natural.

— HARGA —

harga redmi 4x

Untuk harga hp ini, dibanderol dengan harga mulai dari 1.3jt sampai 1.7jt. Tinggal pintar-pintar kalian aja mencari tempat yang menjualnya dengan harga murah.

Video Xiaomi Redmi 4x

Untuk pilihan warnanya pun ada Cherry Pink, Champagne Gold, dan Mate Black dengan harga yang sama. Saat ini di Indonesia sudah bisa kalian temukan di berbagai toko offline maupun online dengan harga yang beragam.

Desain yang juga elegan pun menjadi nilai lebih bagi saya, karena kita pun bisa membawanya kemana-mana tanpa orang lain tau bahwa smartphone kita hanya berharga 1jtaan. Dengan material metal juga membuat smartphone ini menjadi lebih solid dan kuat.

Menurut saya, Xiaomi Redmi 4X ini cocok bagi kalian yang menginginkan hp android dengan harga murah, spesifikasi dan fitur bagus, performa cepat, layar jernih, kamera mumpuni serta nyaman di gunakan untuk nonton film maupun aktif di sosial media. Xiaomi Redmi 4X merupakan salah satu HP Terbaik yang pernah ada.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.